Penjualan Online TokoPedia



PENJELASAN TENTANG TOKOPEDIA
Tokopedia.com adalah salah satu jaringan toko online terbesar di Indonesia yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Tokopedia. Tokopedia menyediakan sarana penjualan dari kustomer-ke-kustomer dimana siapa pun bisa membuka toko online yang melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia. User, yang kerap disebut tokopediawan, bisa menjual barang baru maupun bekas melalui Tokopedia (walaupun mayoritas produk yang dijual di Tokopedia adalah barang baru yang dijual pada harga yang sudah ditentukan).
PT Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tanggal 6 Februari 2009, sedangkan Tokopedia.com dibuka untuk public beta pada tanggal 17 Agustus 2009.
Tokopedia menerima pendanaan awal sebesar Rp. 2,5 miliar dari PT. Indonusa Dwitama dan setelah kesuksesan awal, Tokopedia menerima dana investasi lebih lanjut dari East Ventures, perusahaan yang berbasis di Singapura yang fokus terhadap investasi kepada bisnis internet yang sedang berkembang. Dengan ini, Batara Eto (co-founder dan ex-CTO dari Mixi.jp - situs jejaring sosial terbesar di Jepang), Willson Cuaca (pendiri dari XSago, perusahaan aplikasi mobile berbasis di Singapura), Taiga Matsuyama and Chandra Tjan dari East Ventures sekarang diangkat menjadi anggota Board of Directors Tokopedia.
Kemudian pada tanggal 19 April 2011, pihak Tokopedia mengumumkan bahwa CyberAgent Ventures dari Jepang turut melakukan investasi kepada Tokopedia. Menurut sumber yang didapat dari TechCrunch, DailySocial melaporkan bahwa nilai investasi kali ini adalah sebesar US$700,000.- yang ditukar dengan 10% saham Tokopedia. Dengan ini, valuasi nilai perusahaan Tokopedia per bulan April 2011 itu sudah mencapai nilai US$7,000,000.-.



CONTOH KASUS UNTUK PENJUALAN ONLINE
Untuk kasus penipuan di tokopedia ini setelah saya mencari di google, saya tidak menemukan kasus penipuan di tokopedia ini, karena tokopedia ini berbeda dengan situs penjualan online yang lainnya. Di tokopedia ini menggunakan sistem pembayaran yang mereka ciptakan sendiri dimana pihak penjual dan pembeli tidak ada yang merasa dirugikan. Karena semua uang dari pihak pembeli akan di transfer ke rekening tokopedia bukan langsung ke rekening penjual. Dan setelah uang ada di rekening tokopedia, maka pihak dari tokopedia akan menghubungi penjual. Sehingga meminimalisir terjadinya penipuan. Berikut adalah salah satu pengalaman seseorang yang pernah berbelanja di tokopedia.

Tanggal 29 april 2012 ada event mandiri karnaval nusantara di Lapangan EX Plaza, dimana semua bisnis UKM berkumpul dan berjualan, tak hanya bisnis UKM Kuliner, ada juga partisipasi dari perusahaan online shop besar seperti Multiply dan tokopedia, nah saya fokuskan ke tokopedia.
Saya mengunjungi Booth Tokopedia karena ada bagi-bagi voucher saldo Tokopedia untuk berbelanja gratis di tokopedia tanpa pembelian minimum, nah karena saya tertarik, saya ikut mendaftar dan mendapat voucher belanja 50 ribu.
Setelah voucher 50 ribu sudah di top-up ke dalam akun Tokopedia saya yang dibantu oleh Staff Tokopedia di booth sana, saya langsung mencoba berbelanja di rumah. namun karena bingung mau belanja apa dan memeriksa segalanya, akhirnya saya memutuskan untuk membeli MicroSDHC 8GB VGEN untuk handphone saya.
Setelah membandingkan mana produk dengan harga yang murah, pilihan saya jatuh kepada pedagang Tokopedia dengan Username "Pokidochi" atau anda bisa lihat link yang saya bagikan di atas tentang produk yang saya pesan.
Proses pemesanan pun tidaklah sulit, cukup masukkan ke keranjang, bayar pakai saldo tokopedia, dan tunggu sampai barangnya datang, ohh ya barang yang saya pesan harganya 37 ribu, dan ongkos kirim ditanggung sendiri jadi totalnya 45 ribu. || 2 hari kemudian tepatnya hari ini tgl 1 mei 2012, MicroSDHC 8GB saya pun datang! langsung saya menguji cobanya dan benar! produknya bagus dan sesuai yang saya pesan! nah setelah saya dapatkan produknya, saya centangkan atau memberi pemberitahuan bahwa produknya sudah sampai dan disertai reviewnya juga.
Pokidochi memiliki toko bernama Lee Shop, berlokasi di bandung, dan buka usaha sejak desember 2009, wah gak nyangka, pengiriman JNE dari Bandung ke Jakarta, 2 hari sudah sampai, sangat cepat dan packingnya rapi, produk yg saya pesan pun tidak ada kecacatan apapun.



TAHAP MELAKUKAN PENJUALAN ONLINE DI TOKOPEDIA
  • Bangun Toko dan Atur Etalase Anda 
Pertama-tama, tentunya Anda harus membangun toko online Anda terlebih dahulu di tokopedia dan menata etalase Anda. Tokopedia menyediakan etalase untuk toko online Anda secara gratis dan mudah dikelola. Hanya saja demi kenyamanan semua pengunjung, maka ada tindakan moderasi untuk produk-produk yang belum / tidak sesuai dengan kriteria etalase Tokopedia. Tindakan moderasi bisa berupa pemindahan produk ke gudang, moderasi toko (produk tidak tampil di directory maupun di hasil pencarian), penghapusan produk, hingga penutupan toko secara permanen.
  • Order Baru
Setelah produk-produk Anda tertata rapi di etalase toko online yang Anda miliki, langkah selanjutnya adalah menunggu datangnya order baru. 
Order baru ditandakan dengan alert di to do list di panel sebelah kiri login tokopedia Anda. Kami juga mengirimkan email alert kepada Anda untuk setiap order baru yang masuk. Perlu diketahui setiap order yang masuk, berarti pembayaran sudah diterima oleh pihak Tokopedia, dan akan segera dicairkan ke saldo deposito tokopedia Anda apabila pembeli telah menerima barang.
Cara lain mengakses order baru adalah dengan click menu My Shop kemudian ke tab Transaksi.
  • Terima / Tolak order
Untuk setiap order baru yang Anda terima, Anda harus menentukan apakah akan menerima penuh / menerima sebagian / menolak order itu dalam kurun waktu maksimal 3 hari setelah pembayaran dari pembeli diterima oleh Tokopedia.
Dalam hal pembelian dengan jumlah banyak (lebih dari satu), apabila pembeli memilih agar order diproses secara utuh (tidak sebagian), dan stok yang tersedia tidak mencukupi, maka Anda diharapkan menolak order untuk mencegah kekecewaan pembeli. Namun apabila pembeli memilih terima sebagian, maka Anda dapat melakukan Terima Order Sebagian dan mengirimkan stok yang tersedia. Dana pembayaran dari pembeli nantinya akan Anda terima sesuai jumlah barang yang dikirimkan.
Apabila Anda menolak order atau tidak memberikan respon setelah 3 hari, maka order akan otomatis dibatalkan, dan dana pembayaran akan dikembalikan sepenuhnya kepada pembeli.


  • Konfirmasi pengiriman barang
Jika Anda memilih untuk menerima order, segeralah proses pengiriman barang dan setelah itu menginput nomor resi sebagai bukti pengiriman barang telah dilakukan. Pastikan Anda menggunakan kurir pengiriman sesuai dengan kurir yang dipilih oleh pembeli.
Batas waktu menginput nomor resi adalah 5 hari setelah pembayaran dari pembeli diterima oleh Tokopedia. Apabila penjual tidak menginput nomor resi setelah batas waktu yang ditentukan, maka order secara otomatis akan dibatalkan, dan dana akan dikembalikan ke pembeli.

Setelah Anda mengirimkan barang dan mendapatkan nomor resi, click tombol konfirmasi dan masukkan nomor resi dengan benar.


Simpanlah bukti resi pengiriman hingga pembeli melakukan konfirmasi penerimaan.
  • Pantau status barang
Anda bisa memantau status barang secara online dengan menggunakan fitur Tracking Order yang tersedia
  • Menunggu konfirmasi penerimaan barang
Setelah barang sampai, Anda tinggal menunggu konfirmasi penerimaan barang dari pembeli. Ketika jasa kurir pengiriman barang telah memberikan update bahwa barang telah sampai di tangan pembeli, pembeli diberikan waktu maksimal hingga 3 hari untuk konfirmasi penerimaan. Jika tidak ada konfirmasi penerimaan dalam 3 hari setelah barang seharusnya diterima, maka transaksi dianggap selesai, dan saldo deposito penjual akan bertambah sesuai dengan nominal transaksi yang dilakukan.

KEAMANAN UNTUK PEMBAYARAN ONLINE DI TOKOPEDIA

Sistem pembayaran transaksi di Tokopedia itu didasarkan pada sistem escrow yang dijalankan dan dijaga oleh PT Tokopedia. Dalam hal ini Tokopedia akan menjadi pihak ketiga yang menengahi transaksi antar penjual dan pembeli. Ketika calon pembeli ingin membeli sebuah barang dari penjual di Tokopedia, maka pembeli harus melakukan transfer pembayaran ke Tokopedia terlebih dahulu. Jika transfer berhasil, kemudian Tokopedia akan memberi tahu penjual bahwa pembayaran sudah diterima oleh Tokopedia dan penjual bisa melakukan pengiriman barang yang sudah dipesan pembeli. Ketika barang tiba di pembeli, pembeli melakukan konfirmasi penerimaan barang kepada Tokopedia, dan Tokopedia akan mentransfer uang pembelian kepada penjual.
Menurut Saya sendiri keamanan dalam melakukan pembayaran online di tokopedia ini cukup aman karena dengan sistem tokopedia ini bisa mengurangi tindakan penipuan seperti pada situs jual-beli yang lain. Karena tokopedia disini berlaku sebagai pihak ketiga antara pembeli dan penjual, sehingga jika penjual tidak mengirim barang yang diinginkan oleh pembeli, sedangkan pembeli sudah mengirimkan uangnya, maka pihak tokopedia akan mengembalikan uang dari pembeli 100%.



Sumber :
http://www.tokopedia.com/help/sell-step-by-step
http://id.wikipedia.org/wiki/Tokopedia
http://www.marketmu.com/story/detail/1166/Pengalaman-belanja-di-tokopedia-aman-dan-nyaman

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © Mixer Everything