Analisis PT. Mitra Integrasi Informatika

PROFIL PERUSAHAAN

PT. Mitra Integrasi Informatika (MII) didirikan tanggal 1 Maret 1996 sebagai salah satu entitas anak perusahaan terbuka PT Metrodata Electronics, Tbk. Dikenal luas karena konsistensinya melayani baik segmen pasar Enterprise maupun Corporate, solusi yang ditawarkan MII mulai dari Infrastruktur sampai  Managed Services TIK, dari Intergasi Sistem sampai ke implementasi penuh Enterprise Resource Planning (ERP), dan dari manajemen TIK sampai jasa konsultasi berdasarkan Best Pracktices industri.
Beroperasi secara independen dari perusahaan induknya, MII memilliki tim professional muda dan dinamis, dengan penyegaran pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan secara regular. MII juga membangun aliansi strategis dengan sejumlah partner teknologi nasional, regional, dan global untuk memperkuat penawaran solusinya.
Layanan yang diberikan MII termasuk solusi di bidang:
  •  Cloud Computing: konsultasi bisnis & teknis, datacenter assessment, implementasi, managed services, reseller (SaaS, IaaS, PaaS) serta training menuju virtualisasi sampai dengan komputasi awan baik itu private, public, maupun hybrid.
  • Enterprise Mobility:mentransformasi menjadi mobile enterprises, termasuk menghubungkan ke  sumber data back-end, membangun mobile application, menerapkan ke peralatanmobile, mobile application store, danmanagement
  •  System and Network Integration: disain dan implementasi arsitektur infrastruktur TIK, Multi-Platform Integration Systems, Server & Storage Consolidation, Network design, Business Service Management, dan training bersertifikasi.
  • Business Application Implementation: ERP, CRM, SCM, Workflow & Business Process Management, Knowledge Management, Portal, Enterprise Performance Management, Business Intelligence, Banking Solutions, Telco & Media Solutions
  • Business Discovery and Analytical: In Memory Business Discovery, User Centric Business Intelligence, Big Data Analysis, Data warehousing
  • Consulting Services:ITIL,ICT Strategic Plan & Blue Print, Business Continuity Management, Data Center, Disaster Recovery Plan
  • Managed Services: Service Management (call center, heldesk), Infrastructure Management (Desktop Management, Network Management, System/Datacenter Management Services) dan Application Management Services (ERP, HR, Microsoft Office, dll).
Untuk memberikan jasa dengan kualitas terbaik pada pelanggan kami, MII telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000 sejak tahun 2002 dan telah diupgrade ke ISO 9001:2008, yang berarti bahwa proses kerja dan control kualitas telah memenuhi standar ISO di seluruh departemen dan divisi.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:
PT. Mitra Integrasi Informatika
APL Tower 37th Floor
Jl. Letjen S. Parman Kav. 28
Jakarta 11470

Telp: +62 21 29345 777
Fax: +62 21 29345 700

contact@mii.co.id
www.mii.co.id




VISI Dan MISI

Perseroan melaksanakan kegiatan bisnisnya berdasarkan seperangkat prinsip acuan. Prinsip-prinsip tersebut menjadi landasan utama bagi manajemen dan karyawan dalam membangun reputasi Perseroan dan mengembangkan strategi bisnisnya.
Visi Perseroan
Memaksimalkan nilai bagi pemangku kepentingan dan membangun lingkungan yang ideal untuk bekerja.
Misi Perseroan
Mitra teknologi bisnis berkelas dunia.



Analisa Perusahaan

Perusahaan MII ini merupakan salah satu perusahaan yang cukup besar dibidang IT, karena memiliki beberapa bisnis yang dijalani. Salah satunya adalah ERP dimana perusahaan MII ini menawarkan kepada konsumen agar lebih mudah untuk mengurus segala hal dalam perusahaan. Selain itu, PT. MII ini juga sebagai konsultan dibidang TI dimana perusahaan ini bisa membuat sebuah blue-print untuk masalah TI dan juga menawarkan virtualisasi penyimpanan data dengan membuat sebuah cloud computing. PT. MII ini juga membuat segala sesuatu yang berkaitan dengan perusahaan menjadi fleksibel dengan menerapkan ke peralatan mobile, sehingga para konsumen bisa lebih mudah untuk mengurus hal-hal yang terjadi dalam perusahaan dimana saja dan kapan saja. Banyaknya penghargaan yang sudah didapat oleh PT. MII membuatnya terlihat lebih baik dibandingkan dengan perusahaan pesaing lainnya yang memiliki bisnis yang sama dengan PT. MII. Dan juga banyaknya mitra bisnis dari PT. MII ini membuatnya lebih mudah dipercaya oleh para konsumennya.

Sebagai anak perusahaan dari PT. Metrodata Electronics menjadikan PT. MII ini lebih menarik perhatian banyak perusahaan, karena dengan menggunakan jasa PT. MII ini perusahaan juga bisa menggunakan jasa dan produk dari PT. Metrodata Electronics dan juga anak perusahaan lain dari PT. Metrodata Electronics. Jika dilihat dari visi dan misi PT. MII ini pasti membuat para konsumennya menjadi sangat percaya dengan menggunakan jasa dari perusahaan ini. Selain dari visi misi, PT. MII dan juga PT. Metrodata Electronics sering mengadakan acara-acara yang membuat para karyawannya lebih mempelajari banyak hal untuk kemajuan perusahaan.

Analisis SWOT Perusahaan

Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.
Analisa SWOT terbagi atas empat komponen dasar yaitu :
  1. Strength adalah situasi atau kondisi internal yang merupakan kekuatan dari organisasi/perusahaan pada saat ini.
  2. Weakness adalah situasi atau kondisi internal yang merupakan kelemahan dari organisasi atau perusahaan pada saat ini.
  3. Opportunity adalah situasi atau kondisi eksternal yang merupakan peluang untuk berkembang bagi organisasi/perusahaan di masa depan.
  4. Threat adalah situasi atau kondisi eksternal yang merupakan ancaman bagi organisasi/perusahaan dan dapat mengancam eksistensi  organisasi/perusahaan di masa depan.


Berikut ini adalah analisa PT. Mitra Integrasi Informatika dengan menggunakan metode analisa SWOT:
  1. Strength (Kekuatan)
Menjadi sebagian dari anak perusahaan PT Metrodata Electronics membuat PT Mitra Integrasi Informatika membuat perusahaan ini lebih mudah dalam mencari konsumen, dan juga dengan bantuan dari PT Metrodata Electronics membuat PT Mitra Integrasi Informatika ini mendapatkan tenaga kerja yang sudah kompeten dibidangnya. Sehingga mempermudah pekerjaan dari perusahaan ini, dan bisa lebih banyak mendapatkan bantuan untuk menambah pengetahuan para pegawainya dengan menjalani pelatihan dengan mitra bisnis yang ada. Banyaknya penghargaan yang sudah didapat oleh PT. Mitra Integrasi Informatika ini membuat perusahaan ini lebih mudah dipilih oleh para konsumen.

  1. Weakness (Kelemahan)
Jika dilihat dari website dan profil perusahaan dari PT. Mitra Integrasi Informatika ini penulis belum melihat adanya kelemahan pada perusahaan ini, karena perusahaan ini juga banyak mengadakan studi kasus sehingga bisa menutupi segala kelemahan yang biasanya terlihat.

  1. Opportunity
Perkembangan dalam dunia IT semakin lama akan semakin bertambah dan juga akan semakin memiliki peranan yang penting untuk seluruh perusahaan. PT. Mitra Integrasi Informatika harus bisa menambahkan layanan yang diberikan ke perusahaan lain contohnya dibidang telekomunikasi dan juga internet, sehingga para konsumen tidak perlu lagi repot-repot untuk menggunakan jaringan telekomunikasi dan internet dari perusahaan lain, cukup menggunakan jasa dari PT. MII ini semuanya sudah terpenuhi.

  1. Threats
Semakin ketatnya perkembangan perusahaan pesaing membuat PT.MII ini bisa tersaingi dalam hal bisnis, apalagi statusnya yang menjadi anak perusahaan dari PT. Metrodata Electronics. Jika suatu saat kerugian atau kebangkrutan melanda PT. Metrodata Electronics, maka dampaknya mungkin juga akan terasa oleh PT. Mitra Integrasi Informatika ini. Mungkin saja perusahaan ini bisa ikut rugi atau malah bangkrut juga.


Itulah beberapa analisis yang bisa didapatkan oleh penulis dari profil perusahaan dan juga website perusahaan Mitra Integrasi Informatika. Dalam hal jaringan perusahaan ini sudah hampir memiliki segala bisnis dibidang tersebut.

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © Mixer Everything