Dibalik Perkembangan Zaman

        Dewasa ini, perkembangan zaman sudah semakin pesat, khususnya pada bidang teknologi. Manusia kini sudah semakin dimanjakan oleh teknologi, jika dibandingkan dengan orang zaman dahulu yang belum ada teknologi sama sekali. Misalnya dalam  teknologi untuk saling berkomunikasi, orang dulu berkomunikasi dengan orang yang jauh hanya dengan surat menyurat dan mungkin dikirm melalui burung merpati. sedangkan zaman sekarang manusia sudah tidak perlu mengirimkan surat lagi untuk saling berkomunikasi dengan orang yang jauh. Dengan adanya teknologi, kini manusia bisa berkomunikasi dengan telepon meskipun orang yang ini diajak berkomunikasi itu sangat jauh. pertama kali telepon itu hanya ada dirumah rumah dan juga ditempat-tempat tertentu, seperti wartel atau di halte bus. Tetapi dengan berkembangnya teknologi yang sangat pesat kini manusia lebih dimanjakan lagi dengan adanya telepon genggam atau biasa kita sebut dengan HP. Dengan adanya HP ini, kini manusia bisa lebih mudah untuk berkomunikasi satu sama lain tanpa harus mencari wartel atau telepon umum ketika berada diluar rumah. Kita jadi bisa menelpon atau berkomunikasi dengan orang yang jauh kapanpun dan dimanapun.
        Selain berkembangnya teknologi dibidang komunikasi, ada juga perkembangan teknologi dibidang transportasi. Jika dulu kita pergi kemanapun dengan berjalan kaki atau naik sepeda atau naik becak atau delman. Kini manusia bisa lebih mudah untuk bepergian dengan adanya alat transportasi bermesin seperti mobil, motor, bajaj, dan lain lain. Berkembangnya teknologi dalam transportasi kini membuat manusia sangat dimanjakan untuk bepergian jauh. Jika dulu manusia harus bekerja keras untuk mencapai tujuan, kini manusia tidak perlu bekerja keras lagi untuk mencapai tujuan. Hanya tinggal menyalakan mesin mobil atau motor dan kita kendarai, maka kita bisa sampai ke tujuan lebih cepat jika dibandingkan dengan zaman dahulu sebelum adanya teknologi transportasi bermesin. Dan masih banyak lagi perkembangan teknologi pada zaman sekarang ini. Seperti, komputer yang dulunya besar dan sulit untuk dibawa kemana-mana, kini sudah ada komputer yang bisa dengan mudah dibawa kemanapun, yang sekarang biasa kita sebut dengan laptop.
        Tetapi kebanyakan manusia zaman sekarang lebih menghargai orang yang membuat teknologi yang dia pakai bukan orang yang membuat penemuan sehingga teknologi yang dia pakai itu bisa berfungsi dengan baik.
Contohnya seperti Michael Faraday yang disebut dengan "bapak listrik" karena beliau adalah orang yang menemukan listrik. Hampir semua orang zaman sekarang tidak tahu siapa itu Michael Faraday, padahal jika tidak ada beliau yang menemukan listrik belum tentu teknologi yang kita pakai saat ini bisa berfungsi dengan baik.
        Atau contoh lain seperti Alessandro Volta yang menemukan baterai, belum tentu semua orang yang menggunakan teknologi yang menggunakan baterai mengetahui siapa sebenarnya orang yang telah berjasa dalam membuat baterai tersebut, sehingga kita bisa menggunakan gadget kita dengan baik tanpa adanya masalah. Coba kita bayangkan jika tidak ada yang menemukan baterai, apakah gadget seperti HP atau Laptop yang setiap hari kita gunakan bisa berfungsi dengan baik? Jawabannya pasti tidak, karena setiap gadget yang kita miliki tersebut membutuhkan baterai agar sistem dalam gadget tersebut bisa berfungsi dengan baik, karena menurut Alessandro Volta baterai berfungsi sebagai pembangkit listrik.
        Dan masih banyak lagi seorang penemu yang banyak kita tidak ketahui padahal beliau sangat berperan penting dalam kemjuan teknologi saat ini. Maka dari itu, kita sebagai manusia yang sering menikmati teknologi yang muncul pada zaman sekarang, jangan cuma menghargai  orang yang membuat teknologi yang kita pakai. tetapi hargailah juga orang orang yang telah menemukan penemuan sehingga teknologi yang kita gunakan sekarang bias berfungsi atau bekerja dengan baik. Dan jika bisa janganlah kalian hanya sebagai pengguna saja tetapi jadilah juga salah satu yang membuat atau mengembangkan teknologi yang ada. Tentunya tanpa mengurangi rasa hormat kepada para penemu yang terdahulu yang telah menginspirasi kita untuk membuat sebuah teknologi yang lebi canggih.

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © Mixer Everything