Ulasan Tentang Skype



Pengertian Skype

Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara. Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.

Sejak diluncurkan skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya yang populer maupun pengembangan perangkat lunaknya, jasa yang ditawarkan pun menjadi beragam mulai dari penggunaan gratis maupun berbayar. Hanya dalam beberapa tahun saja pada bulan April 2006 Skype memiliki 100 juta pengguna.

Sejarah dari Skype

23 April 2003 Nama domain Skype.com dan Skype.net didaftar
29 Agustus 2003 Versi beta publik pertama dikeluarkan
15 Juni 2004 Rilis beta versi 0.98.0.28
27 Juni 2004 Credit SkypeOut dapat dibeli untuk pertama kalinya melalui situs web Skype
27 Juli 2004 Rilis versi 1.0 untuk Windows
20 Oktober 2004 Pertama kalinya 1 juta pengguna Skype online bersamaan
14 Februari 2005 Pertama kalinya 2 juta secara online
10 Maret 2005 SkypeIn Public Beta dimulai
11 Maret 2005 Software telah didownload 84 juta kali dan 5.98 milyar menit bicara
15 April 2005 Didownload lebih dari 100 juta kali
18 Mei 2005 Tiga juta pengguna Skype online bersamaan
12 September 2005 Skype diakusisi situs lelang online, eBay.

Konsep dari Skype

Seperti yang sudah diketahui skype merupakan salah satu dari VoIP (Voice over Internet Ptotocol), maka menurut saya konsep dari skype itu sendiri sama dengan konsep dari VoIP. Maka disini saya akan menjelaskan konsep dari VoIP itu sendiri.
1. Server VoIP : berfungsi untuk menangani seluruh panggilan dari client yang teregistrasi dengan server, alur panggilan sebagai berikut

dari gambar bisa di lihat bahwa ketika seorang user VoIP ingin melakukan panggilan ke user lain., maka akan mengirimkan signal invite ke server, kemudian dari server akan mengirimkan ke user tujuan. ketika user tujuan siap menerima panggilan maka server akan meneruskan respon ke penelpon. sehingga akan terjadi komunikasi antar kedua user tersebut.
2. VoIP gateway : merupakan perangkat voip yang berfungsi sebagai jembatan antara IP PBX dengan PABX atau telepon analog. sehingga telepon analog dapat difungsikan sebagai phone yang memiliki extensi number voip. dengan voip gateway, kita dapat menghubungkan jaringan voip kita dengan jaringan PSTN dari TELKOM.

3. VoIP Client : berfungsi sebagai client atau yang memakai service voip. macam – macam voip client diantaranya adalah : (softphone : X-Lite, 3CX Phone, Ekiga, SJPhone, dll), sedang untuk hardphone bisa menggunakan IP Phone atau wireless Phone.

Teknologi yang digunakan skype


P2P merupakan singkatan dari Peer-to-Peer (bahasa Inggris) atau teknologi dari “ujung” ke “ujung” pertama kali di luncurkan dan dipopulerkan oleh aplikasi-aplikasi “berbagi-berkas” (file sharing) seperti Napster dan KaZaA. Pada konteks ini teknologi P2P memungkinkan para pengguna untuk berbagi, mencari dan mengunduh berkas. .

Sistem P2P yang sebenarnya adalah suatu sistem yang tidak hanya menghubungkan “ujung” satu dengan lainnya, namun ujung-ujung ini saling berhubungan secara dinamis dan berpartisipasi dalam mengarahkan lalu lintas komunikasi informasi-, pemrosesan-, dan penugasan pembagian bandwidth yang intensif, dimana bila sistem ini tidak ada, tugas-tugas ini biasanya diemban oleh server pusat.

Aplikasi P2P yang sebenarnya memerlukan satuan tim-tim kecil dengan ide cemerlang untuk mengembangkan perangkat lunak dan bisnis-bisnis yang mungkin dilakukan oleh perangkat tersebut – dan mungkin saja bisa membuat perusahaan besar yang sudah ada gulung tikar. P2P yang sebenarnya, bila diaplikasikan pada pasar yang sudah matang dan stabil adalah teknologi yang "mengganggu".

Jaringan peer-to-peer pun mulai banyak digemari ketika Microsoft merilis sistem operasi Windows for Workgroups, meski sebelumnya sistem operasi MS-DOS (atau IBM PC-DOS) dengan perangkat MS-NET (atau PC-NET) juga dapat digunakan untuk tujuan ini. Karakteristik kunci jaringan tersebut adalah dalam jaringan ini tidak terdapat sebuah server pusat yang mengatur klien-klien, karena memang setiap komputer bertindak sebagai server untuk komputer klien lainnya. Sistem keamanan yang ditawarkan oleh metode ini terbilang lebih rendah dibandingkan dengan metode klien/server dan manajemen terhadapnya pun menjadi relatif lebih rumit.


Kelebihan dan Kekurangan Skype

Kelebihan Skype :
1. Bisa berbicara dengan orang yang sangat jauh dengan biaya yang lebih terjangkau dibanding dengan telepon biasa.
2. Mudah digunakan, tidak rumit untuk digunakan, hampir sama saja dengan menggunaka telepon biasa hanya saja ini lebih modern dan harus menggunakan gadget seperti laptop atau HP.
3. Kualitas suara yang lebih baik dari VoIP pendahulunya. Kualitas suaranya lebih jelas dibandingkan dengan VoIP yang lainnya.
4. Bisa mengirim pesan ke pengguna (user) lain. Dan juga bisa saling berbicara secara langsung atau dengan kata lain bisa saling melihat wajah penelepon satu sama lain.
5. Bisa menelpon beberapa orang sekaligus. Sehingga bisa juga digunakan untuk rapat jarak jauh.

Kekurangan Skype :
1. Penipuan. Layaknya seluruh hubungan yang dilakukan melalui internet, skype juga memiliki masalah yang sama dengan registrasi identitas penggunanya. Registrasi dapat dilakukan tanpa menyerahkan identitas diri yang sah sehingga sebagai pengguna kita dapat memilih untuk tidak meggunakan nama asli dan di pihak yang sama kita berisiko untuk berkenalan dengan orang tanpa tahu identitasnya.
2. Kapasitas yang besar. Skype memakan 23MB kapasitas harddisk ketika dipasang, dibandingkan dengan pengirim pesan instan lainnya seperti Yahoo Messenger yang memakan kapasitas lebih kecil sekitar 10-15 MB.
3. Terhalang oleh waktu dan kesediaan orang yang memanggil dan yang dipanggil. Penggunaan skype dengan metode suara harus dilakukan dengan rencana sebelumnya seperti membuat janji dengan orang yang dituju, karena apabila orang yang dituju tidak siap (terhalang oleh perbedaan waktu atau kesulitan sambungan Internet) maka niat untuk melakukan komunikasi langsung melalui suara bisa jadi sia-sia.
4. Tidak ada panggilan darurat dengan Skype. Skype tidak dapat digunakan untuk panggilan darurat. 

Keamanan Skype

Setiap panggilan dan pesan instan dikodekan oleh Skype pada ujung satu dan lainnya untuk melindungi privasi pengguna. Pengkodean ini perlu karena seluruh panggilan/ pertukaran informasi disalurkan menggunakan fasilitas Internet untuk publik.

Pemanfaatan dan Pengembangan Masa Depan

Untuk pemanfaatan Skype di masa depan, mungkin sangat bermanfaat karena masa depan adalah masa dimana teknologi sangat maju dan mungkin internet juga akan sangat berkembang. Dengan berkembangnya internet ini maka semua orang mungkin akan menggunakan Skype untuk saling berkomunikasi, karena harganya yang lebih murah jika dibandingkan dengan telepon dengan menggunakan pulsa. Maka dari itu untuk di masa depan mungkin Skype akan sangat dimanfaatkan untuk segala jenis komunikasi.

Untuk pengembangan masa depan, menurut saya Skype akan sangat berkembang di masa depan. Mungkin akan lebih berkembang lagi dari apa yang ada sekarang. Karena pasti Skype akan terus memperbaharui aplikasinya dengan terus melakukan update setiap tahunnya. Update ini dilakukan agar user Skype bisa lebih nyaman dalam menggunakan aplikasi mereka dan bisa lebih banyak lagi yang menggunakannya.



Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Skype
http://id.wikipedia.org/wiki/P2P
http://temancep.wordpress.com/2011/06/22/konsep-voip-voice-over-internet-ptotocol/

1 comments:

Solusindo Informatika mengatakan...

Penulisan artikelnya sangat lengkap dan gampang difahami,
Terima kasih uda sharing!!

Jual Skype For Business
Jual One Drive For Business
Distributor Kaspersky
Software Pendidikan

Posting Komentar

Copyright © Mixer Everything